Menu Tutup

SMP NEGERI 2 MBELILING MELAKSANAKAN UJIAN SEKOLAH SECARA DARING (ONLINE)

Peserta Didik SMP Negeri 2 Mbeliling (Angkatan Kesembilan) Tahun Pelajaran 2020/2021 melaksanakan Ujian Sekolah secara daring (online) mulai hari Senin-Sabtu (19-24 April 2021). Jumlah Peserta Didik yang mengikuti Ujian Sekolah adalah 49 orang. Pelaksanaan Ujian Sekolah secara daring ini sesuai dengan Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Ujian Sekolah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) tanggal 01 Februari 2021. Kepala SMP Negeri 2 Mbeliling, Bapak Paulinus Rodi, S.Pd menidaklanjuti Surat Edaran ini dengan membentuk Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah pada tanggal 13 Maret 2021 melalui SK Kepala Sekolah dengan nomor 009/I.21.42/SMPN2/KP/III/2021. Sejak dibentuknya kepanitiaan ini, Pihak Sekolah terus melakukan persiapan yaitu melakukan komunikasi dengan Pihak Komite Sekolah teristimewa dengan Orangtua Peserta Didik. “Bagi SMP Negeri 2 Mbeliling pelaksanaan ujian secara daring bukan hal yang baru karena sejak tahun Pelajaran 2020/2021, kita sudah melaksanakan pembelajaran secara luring dan daring. Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester pun sudah dilaksanakan secara daring, “demikian penegasan Bapak Paulinus Rodi dalam rapat persiapan beberapa waktu lalu.
Pada hari Kedua Pelaksanaan US Daring ini (Selasa, 20 April 2021), semuanya berjalan lancar dan semua peserta didik mengikutinya dengan baik. Hal ini sesuai hasil pemantauan Tim Monitoring yang melakukan pemantauan secara langsung ke rumah para peserta didik. Berikut beberapa Tata Tertib Pengawasan Ujian Sekolah Daring SMP Negeri 2 Mbeliling.
Pertama, Bagi Guru:
-Guru sebagai pengawas ujian melalui Teknologi Informasi Whatsapp, berkoordinasi dengan peserta didik untuk melaksanakan ujian sesuai jadwal US (Ujian Sekolah).
-Guru sebagai pengawas ujian menghimbau peserta didik untuk aktif Whatsapp 10 menit sebelum ujian dimulai.
-Guru sebagai pengawas ujian mengirimkan link Daftar Hadir untuk diisi oleh Peserta Ujian dan memberikan batas waktu 15 menit untuk diisi oleh Peserta Didik
-Guru sebagai pengawas ujian mengirimkan link soal melalui Whatsapp group
-Guru sebagai pengawas ujian mengintrusikan peserta ujian untuk memulai mengerjakan soal ujian
-Guru sebagai pengawas ujian, selama ujian wajib aktif dalam pelaksanaan ujian online
-Lima (5) menit sebelum waktu ujian selesai wajib menyampaikan kepada peserta bahwa waktu ujian tinggal 5 (lima) menit lagi.
-Setelah habis waktu ujian, Guru sebagai pengawas ujian memberitahukan kepada peserta untuk tidak melakukan/mengerjakan soal lagi
-Guru sebagai pengawas ujian mempersilakan peserta ujian untuk mengirim hasil pekerjaan baik berupa screenshoot (pilihan ganda) maupun hasil esay test ke Whatsapp personal guru.
-Guru sebagai pengawas ujian mengecek jawaban yang telah diterima (Kesesuaian jumlah jawaban dengan peserta yang mengikuti ujian)
-Guru sebagai pengawas ujian mengecek Daftar Hadir Peserta Didik, Daftar Hadir Guru (Pengawas), Berita Acara Ujian
-Guru sebagai pengawas ujian mencetak (print) Berita Acara Ujian, Daftar Hadir Peserta Didik, Daftar Hadir Guru, diserahkan kepada Panitia Ujian Sekolah.
Kedua, Bagi Orangtua:
-Orangtua/Keluarga mendampingi anaknya selama ujian dan mendokumentasikannya melalui foto untuk dikirim melalui ke whatsapp personal pengawas.
-Orangtua sebagai pengawas ujian di rumah wajib mengintrusikan peserta ujian untuk memulai mempersiapkan diri mengikuti ujian.
-Orangtua wajib mendampingi anak-anaknya (Peserta Ujian) selama ujian berlangsung.
-Orangtua dilarang membantu untuk mengerjakan/menjawab soal ujian peserta didik.
-Orangtua wajib melakukan dokumentasi (foto) pada saat Ujian berlangsung yaitu foto peserta didik dan foto pengawas (orangtua).
-Orangtua sebagai pengawas ujian mengirim foto setelah melaksanakan ujian.
Ketiga, Tata Tertib Peserta Ujian
PETUNJUK UMUM
-Peserta Ujian wajib memakai pakaian seragam nasional secara lengkap
-Waktu ujian untuk semua mata pelajaran adalah 120 menit
-Peserta Ujian harus aktif pada Teknologi Informasi Whatsapp sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) menit sebelum ujian dimulai.
-Peserta Ujian Wajib mengisi Daftar Hadir pada link yang telah disiapkan oleh Panitia Ujian
-Peserta Ujian yang terlambat lebih dari 15 menit setelah ujian tidak boleh mengikuti ujian
-Peserta Ujian dilarang mengirim pesan pada Whatsapp (Group Kelas) yang dapat mengganggu pelaksanaan ujian
-Peserta Ujian , jawaban soal dilarang copy paste dari media internet (plagiat).
-Peserta Ujian mengikuti ujian secara daring dari rumah dengan menggunakan aplikasi google form.
-Peserta Ujian membuka link yang telah dikirim oleh Pengawas melalui Whatsapp Group
SELAMA UJIAN BERLANGSUNG:
-Peserta Ujian menyampaikan kepada guru sebagai pengawas sesuai Teknologi Informasi yang telah disepakati (Whatsapp)
-Peserta Ujian dilarang saling berhubungan; pesan singkat dan lain-lain pada Whatsapp (Group Kelas)
-Peserta Ujian hanya dapat mengajukan pertanyaan kepada guru sebagai pengawas secara jaringan pribadi (whatsapp personal guru).
-Peserta Ujian yang telah menyelesaikan pekerjaannya (Pilihan Ganda) dapat memberitahukan kepada guru sebagai pengawas dengan mengirimkan bukti pengiriman hasil ujian (Screenshoot) ke whatsapp personal guru
-Peserta Ujian mengerjakan soal uraian pada lembaran ujian masing-masing dan hasilnya dikirimkan ke whatsapp pengawas ujian
-Peserta ujian yang telah menyelesaikan ujian diizinkan oleh pengawas untuk mengirimkan jawaban sebelum waktu ujian berakhir
SANKSI:
-Peserta Ujian yang melanggar ketentuan Tata Tertib di atas dapat dikenakan sanksi:
-Mendapat teguran dari Guru sebagai Pengawas Ujian
-Hasil Ujian peserta tidak akan diambil sebagai salah satu persyaratan mengikuti Ujian Sekolah
-Diberhentikan sebagai Peserta Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021

Demikian beberapa gambaran pelaksanaan Ujian Sekolah secara Daring dari Peserta Didik SMP Negeri 2 Mbeliling Tahun Pelajaran 2020/2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *